Wednesday 25 March 2015

11 Makanan buat Menghilangkan Rasa Pedas

11 Makanan buat Menghilangkan Rasa Pedas
dr rochelle skin expert

Apakah Kamu termasuk juga penyuka dr rochelle skin expert makanan pedas? Makanan dgn penambahan potongan cabai atau saus sambal benar-benar menggugah selera. Tetapi seandainya dimakan dengan cara berlebihan bakal menciptakan perut jadi mulas & mulut terasa terbakar dikarenakan kepedasan.
Tidak Sedikit orang coba menghilangkan sensasi terbakar itu bersama air dingin. Padahal, capcaisin yg terkandung dalam cabai adalah minyak yg sifatnya tak bersahabat dgn air. Minum segelas air es juga cuma menyebabkan rasa pedas makin tersebar & rasa panas yg lebih parah dalam mulut.
Lantas, apa yg mesti dilakukan waktu mulut kita kepedasan? Setidaknya ada sekian banyak kategori makanan yg sanggup Kamu mengkonsumsi utk mengatasi rasa pedas, berikut daftarnya :

1. Teh hangat
Konsumsi teh hangat sehabis menyantap makanan pedas amat sangat efektif utk mengurangi sensasi terbakar di mulut. Aspek ini lantaran berlangsung pelebaran pembuluh darah di mukosa yg menyebabkan suplai oksigen kembali tidak tersendat. Faktor yg sama pula berlaku jikalau kita konsumsi air putih hangat.

2. Air kelapa
Kandungan elektrolit dalam air kelapa serta berfungsi yang merupakan penetral racun & mengikat capcaisin utk larut & masuk ke dalam lambung. Sebaiknya air kelapa dimakan tidak dengan penambahan batu es supaya akhirnya lebih efektif.

3. Susu
Segelas susu yang merupakan penawar pedas pula akan jadi pilihan yg serasi. Didalam susu, terdapat senyawa casein yg bersifat mengikat capcaisin maka mulut pula tak dapat lagi merasakan panas yg menyengat. Rasa pedas pula bakal terguyur ke lambung sesudah menenggak segelas susu.

4. Es krim
Penganan manis ini serta akan menetralisir rasa pedas di mulut. Tidak Hanya rasanya yg manis, sensasi dingin yg ditawarkan es krim dapat melegakan juga mendinginkan mulut yg terbakar.

5. Yogurt
Rasa pedas mampu dilawan bersama rasa asam. Sebab itu, konsumsi yogurt sesudah menyantap makanan pedas teramat dianjurkan. Olahan fermentasi susu ini bisa pula melancarkan pencernaan & perut mulas akibat mengkonsumsi makanan pedas.

6. Lemon
Prinsip yg sama bersama yogurt, rasa asam dari buah lemon akan menetralisir rasa pedas. Istirahatakan mulut & lidah sejenak sesudah konsumsi makanan pedas, setelah itu minumlah air perasaan lemon atau lemon squash buat meredakan rasa terbakar di mulut.

7. Mentimun
Makanan bersambal rata rata disajikan dgn lalapan & irisan mentimun. Sayuran ini pula nyata-nyatanya pula bakal menopang menghilangkan rasa pedas & panas tersebut. Kandungan air didalamnya diyakini bakal menetralisir capcaisin dari cabai.

8. Selai kacang
layaknya susu, selai kacang pula mengandung senyawa casein yg bisa mengikat capcaisin & menghilangkan rasa panas di mulut dengan cara instan. Waktu kepedasan, mengonsumsi saja satu sendok selai kacang & kunyah dengan cara perlahan biar tersebar di mulut.

9. Nasi
Kandungan glukosa dalam nasi dapat menyeimbangkan rasa pedas dari capcaisin. Caranya, pass ambil sedikit nasi & kunyah dengan cara perlahan & lebih lama hingga rasa pedas hilang. Elemen yg sama pula berlaku jikalau konsumsi roti.

10. Garam
Sejumput garam serta efektif utk mengatasi sensasi panas akibat kepedasan. Factor ini sebab disaat mengkonsumsi makanan pedas, pori-pori di lidah kita terbuka lebar. Konsumsi garam pula bertujuan utk menutup pori-pori tersebut maka kita tak merasa kepedasan lagi.

11. Mouthwash
Memang Lah bukan termasuk juga dalam tipe makanan. Tetapi, berkumur bersama mouthwash sehabis menyantap makanan pedas bakal mengusir sensasi panas & terbakar di mulut bersama serentak. Kandungan alkohol didalamnya pula diyakini juga sebagai penetralisir capcaisin.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive