Wednesday 25 February 2015

4 Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Anda Terkena Diabetes

4 Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Anda Terkena Diabetes
4 Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Anda Terkena Diabetes


Sewaktu saya masih SMA, teman saya cerita ke saya kalau ibunya punya kadar gula darah yang tinggi alias diabetes. Saya udah sering ngomongin ke dia supaya bisa kontrol makanan, minuman dan gaya hidup ibunya supaya kadar diabetesnya bisa normal kembali.
Namun sepertinya dia tidak terlalu mengindahkan saran saya itu, sampai saat itu ia datang ke saya dan menangis. Lalu saya tanya kenapa. Dia cerita bahwa sekarang kadar gula ibunya mencapai lebih dari 500, padahal kadar normal gula darah berada pada rate di bawah 110-130. Sontak saya terkejut. Hal itu membuat ibunya tidak bisa melakukan aktivitas apapun dan hanya bisa tidur di ranjang.
Lalu ternyata menyepelehkan hal tentang ini, bisa dengan cepat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh kita:

1. Suka Minuman dan Makanan Manis
Ini hal paling awam yang diketahui orang bahwa diabetes identik dengan konsumsi makanan dan minuman yang manis. Kurangi atau kontrol konsumsi kalian tentang yang manis-manis ya. Atau bisa gunakan gula rendah kalori untuk pencegahan.

2. Makan Makanan Panas
Kalau mengkonsumsi makanan, kita memang lebih suka dalam kondisi yang panas karena lebih enak. Tapi tahu kah bahwa kadar glukosa dalam makanan hangat lebih tinggi.

3. Suka Konsumsi Soda
Minuman bersoda memang lebih enak karena ada sensasi tersendiri di dalam mulut saat mengkonsumsi soda. Karena itulah minuman bersoda sangat digemari. Tapi tahukah Anda menurut penelitian, soda mempunyai kadar glukosa lebih dari 10 kali lipat lebih manis dari gula biasa. Karena itu, kurangi konsumsi soda ya.

4. Makan Makanan yang Sulit Dicerna
Makanan yang alot atau kenyal menbuat kita mengunyahnya lebih keras. Padahal taukah kamu, semakin banyak mengunyah, enzim amilase semakin bekerja apalagi makanan yang kita konsumsi mengandung pati.

Well, demikian sedikit penjelasan mengenai diabetes. Semoga penjelasan di atas membuat kalian lebih hati-hati dalam mengkonsumsi makanan/minuman dan menjaga pola makan juga. Kamu bisa membantu mengingatkan hal ini kepada teman, sahabat, keluarga dan orang terdekat lainnya supaya berhati-hati dan mempunyai pola makan dan hidup yang sehat. Hidup sehat salah satu kunci jauh penyakit. Semoga bermanfaat ya guys.

cream pemutih wajah , dr rochelle skin expert
cream pemutih wajah , kezia skin expert
cream pemutih wajah , dr rochelle skin expert
cream pemutih wajah , dr rochelle skin expert

No comments:

Post a Comment