Sunday 12 April 2015

10 Cara Diet Makanan untuk Wanita Hamil

10 Cara Diet Makanan untuk Wanita Hamil
Dr Rochelle Skin Expert


Nutrisi yang baik dan pass selagi masa kehamilan amat sangat teramat mutlak bagi tumbuh kembang bayi. Walaupun mual dan muntah tatkala sekian tidak sedikit bulan pertama kehamilan mampu membuat elemen ini sulit, disarankan utk melakukan Dr Rochelle Skin Expert diet seimbang dan mengonsumsi vitamin kehamilan.
Berikut 10 rekomendasi diet buat menjaga Anda dan bayi Anda sehat :

1. Mengkonsumsi berbagai makanan mengandung nutrisi yang tubuh Anda perlukan
Rekomendasi porsi sehari-hari adalah 6-11 porsi roti dan biji-bijian, 2-4 porsi buah-buahan, 4 atau lebih porsi sayuran, 4 porsi susu, dan 3 porsi sumber protein (daging, unggas, ikan, telur atau kacang-kacangan). Konsumsi lemak dan makanan manis secukupnya saja.

*Quick facts : Ahli menyarankan wanita hamil harus mengonsumsi 300 kalori lebih tak sedikit daripada ketika dia belum hamil

2. Pilih makanan yang diperkaya serat tinggi
Makanan ini seperti roti gandum, sereal, pasta, nasi, buah-buahan, dan sayuran.

3. Pastikan mendapat asupan vitamin dan mineral yang lumayan dalam diet harian ketika hamil
Konsumsi suplemen vitamin kehamilan setiap hari untuk memastikan Anda masihlah mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup. Minta rekomendasi dokter mengenai vitamin kehamilan yang tepat untuk Anda.

4. Makan dan minum setidaknya 4 porsi susu dan makanan kaya kalsium setiap hari
Perihal ini perlu untuk membantu memastikan Anda mendapatkan 1000-1300 mg kalsium pada diet kehamilan Anda.

5. Pastikan setidaknya Anda konsumsi 3 porsi makanan kaya zat besi perhari
Wanita hamil membutuhkan 27 mg zat besi setiap hari.

6. Pilih setidaknya satu sumber vitamin C setiap hri
Pilih makanan seperti jeruk, stroberi, melon, pepaya, brokoli, kembang kol, kubis Brussel, paprika hijau, tomat, dan sawi. Ibu hamil membutuhkan 70 mg vitamin C per hari.

7. Pilih setidaknya satu makanan yang mengandung asam folat setiap hari
Pilih makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap, daging sapi jejaka, dan kacang-kacangan (kacang kratok/kara, kacang hitam, kacang polong dan buncis). Setiap wanita hamil membutuhkan setidaknya 0,4 mg asam folat per hari untuk menolong mencegah Neural Tube Defects(NTD).

*Neural Tube Defects (NTD) merupakan cacat lahir—masalah yang terjadi ketika bayi sedang berkembang dalam tubuh ibu—pada otak, tulang belakang, atau sumsum tulang belakang. NTD terjadi pada bulan pertama kehamilan, seringnya sebelum wanita tahu bahwa ia hamil. NTD paling umum adalah spina bifida dan anencephaly.
Dalam spina bifida, tulang belakang janin tidak menutup sepenuhnya, yang rata rata menyebabkan kerusakan saraf dan mengakibatkan kelumpuhan kaki. Sementara dalam anencephaly, sebagian agung otak dan tengkorak tidak berkembang dengan sempurna.

8. Pilih setidaknya satu sumber vitamin A setiap hari
Sumber vitamin A merupakan wortel, labu, ubi jalar, bayam, labu air, lobak, bit hijau, aprikot, dan melon.

9. Mengkonsumsi lebih banyak protein
Sementara wanita membutuhkan sekitar 50 gram protein setiap hari, wanita hamil membutuhkan 70 gram protein. Protein adalah sumber buat asam amino yang membangun sel.
Penelitian menunjukkan bahwa cara terbaik mendapati esensi dari asam amino yakni dgn mengonsumsi protein hewani. Daging, telur, dan susu ialah sumber paling umum. Protein non-hewani seperti kacang-kacangan dan biji-bijian hanya mengandung sebagian dari esensi asam amino, hanya kedelai yang mengandung protein lengkap dan tepat buat tujuan ini.

10. Konsumsi lebih tak sedikit ikan
Ikan mengandung sesuatu yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan manusia, khususnya kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalamnya. Tak Cuma memberi kontribusi bagi kesehatan otak dan jantung, Omega-3 sangat mutlak untuk otak dan jantung janin berkembang.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi omega-3 dgn trik alami, mereka harus mendapatkannya dari sumber lain. dan salah satu sumber terkaya adalah lemak ikan.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive