Tuesday 21 April 2015

Ciri-ciri Obat yang Sudah Harus Dibuang

Ciri-ciri Obat yang Sudah Harus Dibuang

Hati-hati sebelum minum obat. Obat bisa saja membahayakan tubuh Anda jika kondisinya sudah tidak layak diminum. Bila demikian, obat tersebut harus dibuang atau dihancurkan agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang menemukannya. Apa saja ciri-ciri obat yang harus dibuang? Berikut informasinya.
dr rochelle skin expert

cream wajah

dr rochelle skin expert

dr rochelle skin expert

1. Kadaluarsa
Semua obat-obatan yang ada di pasaran memiliki tanggal kadaluarsa atau masa pemakaian obat baik dan aman untuk dikonsumsi. Biasanya waktu kadaluarsa ditulis EXP atau ED pada kemasan obat. Penting bagi Anda sebelum minum obat cek dulu tanggal kadaluarsanya.
Jika obat tersebut sudah melebihi tanggal kadaluarsa, segera buang dan hancurkan obat tersebut karena sudah tidak aman dan menjadi racun bila diminum.

2. Terlalu Lama Disimpan
Obat yang Anda simpan dengan kondisi sudah lama dibuka, lebih baik dibuang saja. Obat yang segel dan bungkusnya sudah terbuka dan disimpan terlalu lama kualitasnya akan menurun dan kurang berkhasiat.

3. Berubah Warna dan Tekstur
Jika warna obat berubah dan teksturnya juga tidak sama dengan waktu Anda membelinya, misalnya sirup berubah warna menjadi keruh atau timbul gumpalan-gumpalan, sementara krim atau salep teksturnya mengeras, buang saja ke tempat sampah.

4. Bau Tidak Sedap
Bila Anda mendapati obat yang baunya tidak seperti obat atau berbau aneh, sudah dipastikan obat tersebut tidak aman lagi untuk diminum. Hancurkan dan buang.

5. Obat Palsu
Walaupun obat palsu tersebut tidak kadaluarsa atau menunjukkan tanda-tanda perubahan fisik, Anda harus tetap membuangnya sebab itu obat palsu yang tidak jelas khasiatnya, bahkan bisa saja membahayakan bagi tubuh bila diminum.

Bila Anda menemukan ciri-ciri obat seperti di atas, maka sebaiknya segera buang obat tersebut. Cara terbaik membuang obat adalah dengan dihancurkan terlebih dahulu kemudian dibuang. Untuk obat sirup, buang sirupnya ke saluran pembuangan lalu buang botolnya. Hal ini bertujuan agar obat tidak dapat dikonsumsi lagi.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive